Sun. May 16th, 2021

MESJID KAMI HIDUP KEMBALI

2 min read

MESJID KAMI HIDUP KEMBALI

Ketika Mesjid Ar Rahmah rusak berat akibat gempa menggoyang bumi Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Januari 2021 silam, harapan penduduk Dusun Suri di Desa Pangasaan, Kecamatan Tapalang Barat, sempat padam. Kerusakannya nyaris tak menyisakan kemungkinan untuk dipakai beribadah dalam waktu dekat. Yang terpikir oleh mereka, bulan puasa hanya tinggal tiga bulan lagi. Ke mana warga akan berkumpul menunaikan salat Tarawih, atau berbuka bersama di satu-satunya mesjid di daerah itu?

Pikiran itu amat mengganggu. Dan membuat perasaan siapa saja menjadi sedih.

Tak heran, ketika Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) menyatakan akan merevonasi Ar Rahmah, warga girang bukan kepalang. Dibantu dengan jaringan tim relawan lokal yang dipimpin Pak Sunaryo Adhiatmoko, seorang filantropis yang sudah malang melintang ke berbagai wilayah, semua urusan renovasi rasanya mudah dikerjakan karena kerja sama yang baik dan saling dukung.

Maka, renovasi Mesjid Ar Rahmah mulai dikerjakan 28 Februari 2021 lalu dengan dukungan donasi dari para alumni IPB melalui ARM HA-IPB. Bukan hal mudah, mengingat lokasinya nun di atas bebukitan dan tak ada kendaraan umum bisa mencapai dusun tersebut. Material bangunan diangkut menggunakan sepeda motor, bolak-balik puluhan kali, demi perbaikan mesjid dapat berjalan kontinyu tanpa terhambat pasokan material. Bukan cuma para tukang, warga rela bergotong-royong ikut membantu perbaikan.

Belum selesai 100% memang, tetapi setelah hampir tujuh minggu, mesjid sudah mulai dapat digunakan.

Dan pemandangan mengharukan tampak pada malam awal Ramadhan kemarin. Lihatlah, warga berbondong-bondong datang ke Mesjid Ar Rahmah, menunaikan shalat Isya berjamaah, dilanjutkan Tarawih dan Witir. Wajah-wajah bahagia menyeruak di setiap sudut. Tua-muda, lelaki-perempuan, dari segala strata. Semua bersama sujud memuja-Nya. Dari harapan yang sempat pudar saat pascabencana, kini rasa syukur tak henti terucap dari mulut para jamaah, melihat mesjid satu-satunya kini sudah dapat digunakan.

“Terimah kasih kami ucapkan atas segala bantuan yang telah disalurkan kepada kami, khususnya di Dusun Suri. Bantuan ini sangat bermanfaat untuk kami, dan Alhamdulillah Mesjid Ar Rahmah sudah bisa menampung jamaah sedusun Suri,” ungkap Pak Callu, Kepala Dusun, terharu.

Tidak ada yang dapat menggambarkan kebahagiaan kami, para relawan ARM HA-IPB, melihat warga Suri bisa beribadah dengan gembira. Mesjid mereka telah kembali. Juga harapan mereka. Semoga.

armhaipb #salimbar #savemamuju

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.