PROGRAM

Kiprah ARM HA-IPB disandarkan pada dua karakteristik utama yang disebut sebagai pita kembar DNA ARM HA-IPB yaitu:

1. Organisasi yang berfungsi dengan baik
2. Aksi kemanusiaan yang dikelola dengan layaknya standar operasi lembaga kemanusiaan yang professional.

ARM HA-IPB menjalankan kegiatan kemanusiaan melalui koordinasi 6 bidang/divisi yaitu:

1. Bidang Organisasi dan Kesekretariatan
2. Bidang Manajemen Relawan
3. Bidang Penggalangan Dana dan Kerja Sama
4. Bidang Penanggulangan Bencana
5. Bidang Pemberdayaan Masyarakat
6. Bidang Komunikasi

1. Bidang Organisasi dan Kesekretariatan:

Bidang ini memastikan agar seluruh kelengkapan organisasi dan landasan hukum ARM HA-IPB terpenuhi dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Bidang ini berkoordinasi dengan sekretaris jenderal dan wakil sekretaris jenderal dalam menjalankan operasional keorganisasian dan kesekretariatan. 

Kegiatan:

  • Penyusunan peraturan dan prosedur operasi standar (SOP)
  • Restrukturisasi kepengurusan ARM HA-IPB
  • Rakernas 
  • Penyusunan dokumen kerja sama dengan mitra

4. Bidang Penanggulangan Bencana:

  1.  Merespon dan menjalankan program-program penanggulangan bencana di bawah arahan Ketua Umum dan Sekjen. Bidang ini bertanggung jawab memantau situasi kebencanaan dan krisis lainnya di dalam dan luar negeri, membuat laporan berkala hasil pemantauan, melakukan kaji cepat dan kaji mendalam terhadap sebuah peristiwa bencana yang akan diintervensi oleh Yayasan; menyusun rencana operasi; merencanakan mobilisasi relawan bekerja sama dengan bidang Manajemen Relawan; dan menjalankan aksi kemanusiaan sesuai prosedur dan ketetapan yang berlaku. Bidang ini juga bertanggung jawab atas program kesiapsiagaan bencana bagi masyarakat. 

Kegiatan:

  • Operasi TDB di berbagai bencana alam dan darurat kesehatan
  • Layanan medik
  • Dukungan psikososial untuk ibu, anak-anak, lansia
  • Penyediaan hunian darurat dan sementara
  • Pendidikan darurat
  • Penyuluhan kesiapsiagaan bencana berbasis sekolah

2. Bidang Manajemen Relawan

Bertanggung jawab dalam siklus pembinaan relawan ARM mulai dari tahap rekrutmen, pendidikan dan pelatihan, mobilisasi relawan ke daerah bencana/krisis, serta pengakuan dan penghargaan terhadap SDM yang telah bertugas. Bidang ini juga bertanggung jawab dalam menyusun dan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan yang diperlukan baik oleh relawan ARM maupun masyarakat binaan/penerima manfaat di daerah program. 

Kegiatan:

  • Penyusunan peraturan dan panduan manajemen relawan
  • Rekrutmen relawan Sahabat ARM dan Relawan Utama
  • Pelatihan-pelatihan wajib dan peningkatan kapasitas
  • Mobilisasi relawan dalam tanggap darurat bencana & pemulihan
  • Pelatihan kebencanaan untuk mahasiswa

5. Bidang Pemberdayaan Masyarakat:

 Bidang ini bertanggaung jawab merancang dan melaksanakan program-program unggulan ARM dalam pemberdayaan masyarakat, baik di masa pascabencana (pemulihan, rehabilitasi, rekonstruksi) maupun di masa damai. Program pemberdayaan yang dimaksud meliputi, dan tidak terbatas pada program pendidikan, kesehatan, pertanian dalam arti luas, dan ekonomi. 

Kegiatan

  • Program peningkatan gizi masyarakat
  • Pemanfaatan lahan pekarangan untuk palawija
  • Pembangunan infrastruktur pascabencana (masjid)

 

3. Bidang Penggalangan Dana dan Kerja Sama

Bertanggung mengidentifikasi serta menjalankan kegiatan penggalangan/penerimaan donasi khususnya dari alumni IPB dan umumnya dari masyarakat untuk kemudian mengalokasikannya untuk penerima manfaat sesuai rencana kerja. Bidang ini juga bertanggung jawab dalam mengembangkan kemitraan/kerja sama dengan pihak-pihak eksternal Himpunan Alumni IPB untuk membantu para penerima manfaat dalam peristiwa bencana alam, darurat kesehatan dan krisis kemanusiaan lainnya. 

Kegiatan:

  • Penggalangan dana TDB dan pemulihan
  • Penggalangan dana program pemberdayaan
  • Kemitraan strategis

 

6. Bidang Komunikasi

 Membantu ARM dalam bidang komunikasi, informasi, edukasi, serta promosi dan pemasaran program-program ARM kepada pihak terkait baik internal maupun eksternal HA-IPB. Termasuk dalam hal ini produksi material komunikasi, informasi, edukasi, dan kampanye, bekerja sama dengan unit internal yang menjadi penanggung jawab kegiatan. Bidang Komunikasi dan Pemasaran juga membangun dan menjaga hubungan baik dengan media massa (cetak, radio, TV, internet) serta lembaga kehumasan lainnya. 

Kegiatan:

  • Media gathering
  • Media relation
  • Opini dan artikel
  • Pengelolaan website dan media sosial
  • Kampanye program
  • Produksi alat peraga kesiapsiagaan bencana