ARM HA-IPB Anjangsana ke Sestama BNBP

1 minute, 53 seconds Read

Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (ARM HA-IPB) melakukan kunjungan kehormatan ke Sekretaris Utama (Sestama) Badan Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat (3/11) di Jakarta.

Sekretaris Utama BNBP, Rustian S.Si., Apt., M.Kes, menyambut hangat kunjungan ini. “Saya senang bisa berjumpa dengan kawan-kawan penggiat penanggulangan kebencanaan dari IPB,” ujarnya di ruang kerjanya di Graha BNPB, Jalan Pramuka Kavling 38, Jakarta Timur.

Rombongan ARM HA-IPB dipimpin langsung Ketua Umum HA IPB, yang juga Ketua Dewan Pembina ARM, Dr. Ir. Walneg S. Jas, MM. Ia didampingi Ketua Umum ARM HA-IPB, Ir. Ahmad Husein, M.Si, anggota Dewan Pembina Ir. Ali Fathoni, Ketua II ARM Ir Emy Pujiastuti, Sekjen ARM Ir. Agus Rusli MM, dan Kabid Humas ARM Ir. Hanibal Wijayanta, MPd.

Dalam pertemuan itu Ketua Umum HA IPB memaparkan berbagai kegiatan ARM yang menjadi wahana bagi para alumni IPB untuk menyalurkan kepeduliannya terhadap warga masyarakat yang terdampak bencana. “Di IPB kami membina dan memobilisasi alumni untuk terjun dalam dunia kemanusiaan dengan nama ALGANA, Alumni Tanggap Bencana, ,” kata Walneg.

Kerjasama HA-IPB dengan BNPB sudah diteken sejak 2019, bertepatan dengan pelantikan pengurus ARM HA-IPB. Dengan telah berakhirnya masa berlaku nota kesepahaman tersebut, BNPB setuju untuk memperpanjangnya.

Selain itu, sebagai Himpunan Alumni perguruan tinggi yang sudah lebih dahulu bergerak di bidang kemanusiaan dan kebencanaan, HA-IPB siap bekerja sama dengan alumni perguruan tinggi lainnya dalam menggalang kerjasama dengan BNPB. “Kami berencana menyatukan langkah alumni perguruan tinggi yang sadar bencana untuk bekerjasama dengan BNPB,” ujarnya.

Ketua Umum ARM HA-IPB Ir. Ahmad Husein, M.Si. menambahkan, saat ini ARM HA-IPB menjalankan Program Peningkatan Gizi dan Kesiapsiagaan Keluarga di Daerah Rawan Bencana. Di Desa Mangunkerta, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. ARM mengadakan penyuluhan gizi dan kesehatan keluarga, bekerja sama dengan Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK), Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB serta mendistribusikan 200 paket bahan makanan bergizi mencakup protein hewani berupa rendang kaleng domba, dan atau sapi, nasi gurih siap santap, sayuran segar, dan kacang hijau.

Kepada Sestama BNPB, beberapa sampel makanan awetan siap saji yang diproduksi alumni IPB itu pun diperkenalkan. “Wah ini bagus juga untuk ransum bencana, tinggal dikemas secara terpadu,” ujar Sestama.

Sestama BNPB mengaku senang mendengarkan paparan tentang berbagai kegiatan penanggulangan bencana yang telah ARM HA-IPB lakukan. Ia pun berharap agar koordinasi dan kerjasama bisa terus ditingkatkan di masa mendatang.

ARM HA-IPB
Bermartabat Menebar Manfaat

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *