GEN Z IPB UNIVERSITY BELAJAR MANAJEMEN BENCANA BERSAMA ARM

1 minute, 58 seconds Read

ARM, Bogor– Relawan Mahasiswa IPB di bawah Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa IPB (BEM KM IPB) berkolaborasi dengan Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) menggelar Pelatihan Kebencanaan bertema “Peran Gen Z sebagai Katalisator Pembangunan Kesadaran Tanggap Darurat dan Mitigasi Bencana” di Auditorium FMIPA-IPB, Kampus Darmaga, Bogor, Minggu (23/7).

Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa, yang masuk dalam kategori Generasi Z –lahir di kurun 1995 – 2010, dalam mengenali potensi dan peristiwa bencana, cara menanganinya melalui pemahaman siklus manajemen bencana, serta meningkatkan rasa kepekaan terhadap isu-isu kebencanaan sehari-hari di lingkungan mereka. Pelatihan diikuti 42 peserta dari berbagai fakultas di lingkungan IPB University.

Sehari sebelumnya, Sabtu (22/7), webinar bertema serupa juga digelar Relawan Mahasiswa IPB yang menampilkan narasumber Ketua Umum ARM HA-IPB, Ir. Ahmad Husein, M.Si.

“Kami berharap Gen Z menunjukkan kepedulian sosial mereka, khususnya kepada mereka yang terdampak bencana, dengan belajar memahami aspek-aspek dalam manajemen bencana,” ujar Ketua Badan Pengurus KM IPB 2022-2023, Imaduddin Abdurrahman, saat membuka acara tersebut.

ARM HA-IPB amat mengapresiasi kegiatan memperkenalkan konsep bencana kepada para Gen Z di kampus. “Upaya memotivasi anak-anak muda dari kalangan Gen Z untuk menjadi penggerak baik di kampus maupun lingkungan masyarakat dalam peningkatan kesadaran akan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana, amat mulia dan patut diacungi jempol,” ujar Ketua Umum ARM HA-IPB, Ahmad Husein.

Ketua Bidang Manajemen Relawan ARM HA-IPB, Ir. Agus Susilo JP serta lima fasilitator ARM turut membimbing peserta selama pelatihan, antara lain mempelajari konsep-konsep pokok dalam bencana termasuk hazard, kerentanan, risiko, dan kapasitas berikut contoh-contohnya lewat diskusi, kerja kelompok, dan permainan seru. Mereka bekerja dalam lima kelompok mengidentifikasi bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia yakni gempa bumi, tsunami, banjir, longsor, dan letusan gunung berapi. Selain itu, mereka berlatih mengikuti tahapan manajemen bencana khususnya fase pra-bencana (pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan) dan tanggap darurat.

Bagi Rafiqah, mahasiswi Fakultas Ekonomi Syariah, pelatihan ini berlangsung amat seru. “Itu karena setiap materi dilengkapi dengan diskusi kelompok dan menggunakan banyak alat peraga yang menjadikan acara variatif dan menarik,” ujar Rafiqah yang merupakan Angkatan 58. Rekannya sejurusan, Aina Zuhda Azimah, ikut mengamini. “Materi-materinya amat berguna, penyampaiannya disertai games sehingga peserta lebih cepat paham dan aktif dalam kegiatan,” kata Aina.

Sementara Latif Hidayatul Ikhsan dari Jurusan Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, berharap generasinya dapat selalu berbuat kebaikan di manapun berada. ”Pelatihan kebencanaan ini amat bagus, memberikan kesadaran dalam diri kita sebagai generasi muda untuk menyadari kondisi kebencanaan di Indonesia,” ujarnya.

ARM HA-IPB
Bermartabat Menebar Manfaat

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *