ARM HA-IPB SERAHKAN BINGKISAN LEBARAN UNTUK 200 KELUARGA PENYINTAS GEMPA CIANJUR

by kusnadi kusnadi

Cianjur, 16 April 2023 – Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) membagikan bingkisan Lebaran kepada 200 kepala keluarga (KK) penyintas gempa Kampung Mangun, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Sabtu (15/4).

Penyerahan bingkisan berlangsung di Posko Tanggap Darurat dan Pemulihan Bencana ARM HA-IPB Mangunkerta, langsung oleh anggota Dewan Pembina ARM HA-IPB, Ir. Ali Fatoni dan anggota Dewan Pengawas Dr. Pungkas Bahjuri Ali, disaksikan oleh Ketua Umum ARM HA-IPB, Ir. Ahmad Husein, M.Si., Ketua 1 Dr. Imam Teguh Saptono, dan pengurus bidang Manajemen Relawan, Ir. Eko Supriyatno.

Dr. Pungkas Bahjuri Ali, yang merupakan Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat di BAPPENAS, secara khusus juga menyerahkan 12 paket bingkisan lebaran untuk para relawan desa, mayoritas adalah pemuda karang taruna, yang selama hampir 5 bulan membantu tim ARM HA-IPB dalam mendistribusikan barang bantuan di wilayah tersebut.

“Bingkisan Lebaran ini merupakan kegiatan sebagai bagian dari Program Fase Pemulihan Gempa Cianjur yang ARM HA-IPB telah rencanakan,” ujar Ketua Umum ARM HA-IPB, Ahmad Husein. Menurutnya, menjelang berakhirnya puasa Ramadhan 1444 Hijriah, alumni IPB tergerak untuk membahagiakan warga penyintas gempa, yang hingga saat ini sebagian masih bertahan di tenda dan hunian sementara.

Kondisi para penyintas sendiri masih memprihatinkan. Sebagian masih bertahan di tenda pengungsian sementara beberapa lainnya berinisiatif membangun hunian sementara (huntara) swadaya. Sejumlah kecil sudah menerima bantuan unit huntara dari pemerintah.

Di Mangunkerta, ARM HA-IPB bekerja sama dengan jamaah Thoyiba Tora Tour & Travel baru saja merampungkan satu unit sumur bor baru di Mangunkerta dengan kedalaman 40 meter untuk membantu suplai air bersih warga. Satu unit sumur bor baru lainnya juga dibangun di Desa Sarampad. Total, 4 (empat) sumur bor telah ARM bangun di Kecamatan Cugenang, masing-masing 2 unit di Desa Sarampad, 1 unit di Desa Mangunkerta, dan 1 unit di Desa Benjot.

Bekerja sama dengan Wahana Muda Indonesia (WMI), ARM HA-IPB baru saja menyelesaikan pembangunan 31 huntara dari rencana 25 unit yang ditargetkan. Secara keseluruhan, ARM telah membangun lebih dari 80 unit hunian baik darurat maupun sementara, plus 2 kelas sekolah darurat.


Info lebih lanjut sila hubungi:

Agus Rusli (Sekjen ARM HA-IPB)
Telp. 0812 1084 366

You may also like

Leave a Comment