Sekolah Darurat ARM HA-IPB: WUJUDKAN MIMPI MEREKA AGAR BISA SEKOLAH LAGI

by kusnadi kusnadi

Denyut kegiatan belajar-mengajar di Sekolah Dasar (SDN) 3 Nyalindung, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, mendadak sontak terhenti pada 21 November 2022. Gempa bumi berkekuatan M5,6 meluluhlantakkan bangunan SDN Nyalindung. Tak pernah terbayangkan, 350 siswa berikut para guru akhirnya terpaksa mengungsi, tersebar di puluhan camp tenda darurat.

Dunia indah di depan mata mereka seketika menjadi kelam. Pergi sekolah, belajar dengan semangat dibimbing bapak-ibu guru, bermain ceria dengan sebaya di lapangan sekolah; semua lenyap. Ingin menangis rasanya membayangkan anak-anak itu hanya termangu di dalam tenda, meringkuk saaat hujan mendera. Tak punya buku tulis atau pensil di tangan. Tak tahu kapan lagi bisa bertemu teman-teman sekelas.

Para guru lebih gelisah lagi. Siswa kelas 6 tak lama lagi harus ujian. Tak ada ruang memadai untuk belajar meski dalam kondisi darurat.

Hingga akhirnya dua pekan lalu, ketika Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) dan mitra LSM Indonesia Care (I’Care) berdiskusi soal ini di Markas ARM HA-IPB di Gedung Alumni IPB. Kami sepakat, harus ada langkah diambil untuk membantu mereka. Sekaligus membantu Pemerintah menghidupkan kembali kegiatan sekolah.

Maka, ARM HA-IPB dan I’Care memulai proses pembangunan sekolah darurat di SDN 3 Nyalindung, yang berlokasi di Kampung Haregem itu. Dua unit kelas belajar kita siapkan, dalam wujud tenda pleton TNI berukuran 12 x 6 meter persegi. Lantainya kami pasangi karpet dan valet kayu agar anak-anak tidak terkena lumpur saat hujan. Satu tenda itu dapat diisi 50 siswa; bisa dua kali lipat jika digunakan pagi dan sore hari. Artinya, jika dipakai dengan kapasitas penuh, 2 kelas ini akan mampu menampung 200 siswa dalam 2 shift.

ARM HA-IPB juga melengkapi tenda itu dengan fasilitas belajar-mengajar. Ada 50 unit meja belajar siap digunakan, satu unit white board, dan 2 unit kipas angin pengurang hawa gerah dalam kelas darurat tersebut. Untuk para siswa, khususnya kelas 6, sudah kami siapkan 50 paket tas sekolah dan alat tulis. Lengkap.

Hari ini, Sabtu (4/2), I’Care melaporkan 2 unit kelas untuk sekolah darurat siap digunakan dengan menyelenggarakan soft opening bersama pihak sekolah. Alhamdulillah. Terharu sekali. Peresmiannya Insya Allah kami lakukan Rabu depan (8/2).

Sahabat alumni ingin bantu mewujudkan mimpi para siswa untuk bersekolah lagi? Yuk bersama ARM HA-IPB hal tersebut sangat mungkin dilakukan, yakni dengan membangun lebih banyak kelas darurat lengkap dengan peralatannya, baik di Nyalindung maupun di lokasi-lokasi terdampak paling parah lainnya di Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Sisihkan sebagian rezeki sahabat dan transfer ke:

BSI No. Rek. 773 778 7798
a.n. Aksi Relawan Mandiri HAIPB

Narahubung:
Ir. Agus Rusli, M.M,
Sekretaris Jenderal ARM HA-IPB
No. Telp. 0812 1084 366

You may also like

Leave a Comment