DIIRINGI SHALAWAT DAN REBANA, ARM HA-IPB DAN WARGA RANCAGOONG RESMIKAN MUSOLA AL MUSTOPHA

by kusnadi kusnadi

Cianjur, 29 Januari 2023 – Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) bersama Pesantren Darul Ikhlas, Yayasan Sehati, dan warga Kampung Cibinong Pangkalan meresmikan rampungnya pembangunan Musola Al Mustopha di Desa Rancagoong, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (28/1).

Diiringi rampak rebana berikut lantunan sholawat dari grup Hadrah Ar Rosyid, Ketua Umum ARM HA-IPB didampingi Ketua Agrianita IPB University, Retna Widayawati, perwakilan para mitra, dan warga, meresmikan penggunaan musola yang dibangun dengan gotong-royong warga tersebut.

“Dengan rampungnya musola ini, amanah dari para donatur alumni IPB telah ARM HA-IPB tunaikan,” kata Ketua Umum ARM HA-IPB, Ir. Ahmad Husein, M.Si.

Kiai Muhammad Ridwan yang mewakili warga menyatakan syukur yang setinggi-tingginya atas donasi dari berbagai mitra untuk pembangunan kembali musola. Menurutnya, keberadaan rumah ibadah akan menjadi penguat iman bagi para warga untuk tetap bertahan pascagempa Cianjur.

“Biarlah kami sementara tinggal di tenda, asal di tengah-tengah kami ada bangunan musola untuk tempat pembinaan iman dan takwa para warga,” Ujar Kiai Muhammad Ridwan, yang sempat menitikkan air mata karena haru.

Perwakilan dari Yayasan Sehati, Andri, merasa kolaborasi pembangunan musola ini paling lengkap, karena melibatkan berbagai organisasi non-pemerintah dan warga. Bangunan ini juga sudah dikonsultasikan kepada pemerintah, termasuk konstruksi cakar-ayamnya yang tahan gempa.

Sementara itu, perwakilan dari Darul Ikhlas, Cikarang, Ir. Irvan Ramli, memaparkan sejarah pembangunan Kembali Al Mustopha. Musola ini rusak berat akibat gempa yang mengguncang Cianjur 21 November 2022 silam. Warga Kampung Cibinong Pangkalan dipimpin tokoh masyarakat Kiai Muhammad Ridwan mengajukan permintaan agar musola dapat dirubuhkan dan dibangun Kembali secara permanen.

“Alhamdulillah, beberapa lembaga yang bergiat di lokasi ini selama masa tanggap darurat, termasuk ARM HA-IPB, Darul Ikhlas, dan Yayasan Sehati, berkomitmen menutup biaya pembangunan secara gotong-royong,” ujar Irvan, yang merupakan alumni Fakultas Kehutanan IPB Angkatan 22.

Musola dengan luas 10×6 meter persesi ini dibangun dalam waktu satu bulan dengan total biaya Rp 125 juta. Selain sebagai tempat ibadah sholat lima waktu, Musola Al Mustopha juga akan dimakmurkan dengan kegiatan warga lainnya seperti taklim kaum ibu dan bapak serta pengajian anak-anak.

ARM HA-IPB, Yayasan Sehati, Darul Ikhlas kemudian menandatangani prasasti bangunan musola. Acara diakhiri dengan syukuran bersantap nasi liwet yang disiapkan warga setempat untuk dinikmati bersama ARM HA-IPB, Agrianita IPB University, dan para mitra.

++++

Informasi lebih lanjut sila hubungi:

Ir. Agus Rusli, MM.
Sekretaris Jenderal ARM HA-IPB
No. Telp. 0812 1084 366

You may also like

Leave a Comment