ARM HA-IPB DAN LAZNAS BSI MASLAHAT TANDA TANGANI NOTA KESEPAHAMAN KERJASAMA DI BIDANG KEBENCANAAN DAN KEMANUSIAAN

1 minute, 36 seconds Read

Bogor, 7 Januari 2023 – Yayasan Aksi Relawan Madani Mandiri, yang lebih dikenal sebagai ARM HA-IPB bersama Lembaga Amil Zakat Nasional BSI Maslahat (LAZNAS BSI Maslahat) menandatangani nota kesepahaman kerja sama di bidang kebencanaan dan kemanusiaan pada Sabtu, 7 Januari 2023 di Gedung Alumni IPB, Baranangsiang, Kota Bogor. Nota kesepahaman ini berlaku selama dua tahun hingga 2025.

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Direktur Eksekutif LAZNAS BSI Maslahat, Sukoriyanto Saputro dan Ketua Umum ARM HA-IPB, Ahmad Husein. Nota kesepahaman ini ditandatangani seiring berakhirnya Nota Kesepahaman sebelumnya tertanggal 10 Desember 2019 tentang Kerjasama di Bidang Penanggulangan Bencana antara Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor dengan LAZNAS Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSM Umat), yang kini menjadi LAZNAS BSI Maslahat. ARM HA-IPB sebagai badan otonom di bawah Himpunan Alumni IPB yang bergerak di bidang kebencanaan dan kemanusiaan kini telah memperoleh status hukum sebagai Yayasan.

”Lingkup kerja sama ARM HA-IPB dan LAZNAS BSI Maslahat ini meliputi lima sektor termasuk peningkatan kapasitas relawan bencana kedua belah pihak, penyaluran dan pemberdayaan dalam kegiatan bencana, penelitian dan pengembangan program pemulihan, rehabilitasi dan rekonstruksi bencana, penghimpunan dana dan sumberdaya dari parapihak, hingga kerja sama penyelenggaraan kegiatan dengan isu kemanusiaan dalam arti luas,” ujar Ahmad Husein.

Direktur Eksekutif LAZNAS BSI Maslahat, Sukoriyanto Saputro, amat mendukung kerja sama dengan ARM HA-IPB. ”Dengan kesepahaman ini, kita berharap dapat memperluas jangkauan penerima manfaat oleh BSI Maslahat melalui ARM HA-IPB,” jelasnya. Kerja sama ini juga diarahkan untuk dapat memenuhi standar kualitas penanganan bencana dengan berfokus pada peningkatan kualitas berdasarkan riset dengan pengembangan institusi. Selain itu, kerja sama kedua belah pihak, kata Sukoriyanto, ditargetkan untuk mampu meningkatkan kepedulian individu dan kelembagaan kedua belah pihak terkait kebencanaan dan kemanusiaan.

Sebagai wujud kerja sama erat tersebut, jelas Sukoriyanto, LAZNAS BSI Maslahat mendukung program edukasi mitigasi kepada siswa dan guru di Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor dengan donasi sebesar Rp 30 juta. Program ini akan ARM HA-IPB selenggarakan pekan kedua Januari 2023.

*
Info lebih lanjut sila hubungi:

Agus Rusli (Sekretaris Jenderal ARM HA-IPB)
Telp. 0812 1084 366

Dedi Setiawan (LAZNAS BSI Maslahat)
Telp. 0811 111 950

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *