SEKJEN ARM HA-IPB PIDATO UNTUK WISUDAWAN BARU; REKTOR IPB UNIVERSITY SUMBANG LAGU UNTUK CIANJUR

2 minutes, 3 seconds Read

Sekretaris Jenderal Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB), Ir. Agus Rusli, MM, menyambut dengan tangan terbuka para wisudawan IPB sebagian anggota keluarga baru HA-IPB. Berbagai lahan pengabdian terbentang luas menanti para wisudawan untuk digarap, demi memajukan masyarakat dan bangsa Indonesia, baik di bidang pertanian secara luas, maupun bidang pengabdian lain yang mereka pilih.

Agus Rusli mewakili Ketua Umum DPP HA-IPB menyampaikan pidato di acara Upacara Wisuda dan Penyerahan Ijazah Program Pendidikan Sarjana, Magister, dan Doktor IPB Tahap II T.A 2022/2023, Rabu (7/12) di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Darmaga, Bogor.

Ia memperkenalkan ARM HA-IPB sebagai salah satu badan otonom HA-IPB di bidang kemanusiaan dan kebencanaan. Dalam usianya yang baru 3 tahun, ARM telah terjun dalam 32 operasi kemanusiaan di 10 provinsi di Indonesia, mulai dari bantuan bagi korban asap dan kebakaran hutan di Riau, gempa Maluku, banjir di Jabodetabek, Garut, dan Kalimantan Selatan, gempa Mamuju Sulawesi Barat, banjir bandang serta siklon tropis Seroja di NTT dan NTB, bantuan tabung oksigen dan obat-obatan selama pandemik Covid-19, dan pelaksanaan vaksinasi bagi alumni dan keluarga. Selain itu, ARM HA-IPB turun di Bencana Gunung Semeru Jatim, gempa Pasaman Sumbar, Banjir Serang Banten, dan Gempa Cianjur yang baru terjadi.

“Total jumlah warga yang terjangkau bantuan ARM HA-IPB sejak 2019 sampai hari ini sebanyak 21.815 jiwa,” jelas Agus.

Bak gayung bersambut, Rektor IPB terpilih (2023-2028), Prof. Dr. Arif Satria, SP, M.Si., kemudian tampil membawakan lagu Ebiet G. Ade yang bertemakan bencana, “Berita Kepada Kawan” diiringi petikan gitar Prof. Dr. Ir. Drajat Martianto, Wakil Rektor 1 Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan periode 2017-2022.

Selain ARM, Himpunan Alumni IPB telah membentuk badan otonom lainnya yaitu Yayasan Alumni Peduli IPB (YAPI HA IPB), DKM Masjid Alumni IPB, Persatuan Golf Alumni IPB (PGA HA IPB), dan Alumni Bisnis Cendekia (ABC HA IPB).

Hingga kini, HA-IPB telah menggagas dan menjalankan banyak program terobosan yang bermanfaat untuk alumni ikuti melalui Program legacy-nya, seperti Mentoring Leader Batch IV, Forum Silaturahmi Alumni, Gerakan Nasional Penanaman Pohon Langka, Diaspora Mentoring, Diaspora Talk, Friday Talk, Food and Agricultural Summit, Forum Bisnis Alumni, Donor Darah Nasional, dan Konsolidasi BEM Pertanian Seluruh Indonesia.

Beberapa program legacy baru juga tengah disiapkan antara lain Wiratani Bangun Desa (WIBASA), Pendidikan Sekolah Ekspor, Sekolah Pemilu dan Demokrasi Elektoral (SPIDOL), Pengembangan database alumni, Program edukasi kewirausahaan, Program pemberdayaan masyarakat, Peningkatan kerja sama dengan berbagai Lembaga, dan Program Business Connect.

Organisasi HA IPB saat ini memiliki 31 DPD di tingkat provinsi, 12 DPK di tingkat fakultas, 200 DPC di tingkat Kab/Kota, dan 4 DPC Internasional (Malaysia, Singapura USA dan Belanda).

ARM HA-IPB
Bermartabat Menebar Manfaat

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *