Ngobras ARM HA-IPB: Menyuburkan Pendidikan Kader Bangsa

 
Bogor, Minggu 13 November 2022 —  Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) menggelar acara Ngobras (Ngobrol Cerdas) Seri 2 dengan tema Wawasan Kebangsaan, di Gedung Alumni IPB Baranangsiang, Kota Bogor Sabtu (12/11). Acara bulanan sebagai bentuk pengayaan kapasitas para pengurus dan relawan kemanusiaan ini  diisi oleh Ir. Toto Priyana, MM., Wakil Ketua Lembaga Perguruan Taman Taruna Kebangsaan (LPTTK).
 
Toto Priyana, lulusan terbaik Diklat Pusdikes TNI-AD, menegaskan pentingnya peran pendidikan kader untuk memupuk wawasan kebangsaan kaum muda Indonesia. Di tengah situasi geopolitik dunia saat ini, Toto menyebut masih banyak pihak yang meremehkan posisi dan peran Indonesia dalam percaturan global. Padahal, baik dari sejarah maupun sumber daya yang dimiliki, Indonesia punya rekam jejak yang tak kalah mengagumkan dibanding negara-negara besar lain di dunia.
 
“Belum lagi bonus demografi Indonesia di tahun 2030 berupa populasi angkatan kerja dan produktif yang mencapai 140 juta jiwa,” ujar Toto, yang merupakan alumni FPIK IPB University. Diskusi hangat dalam pelatihan ini juga membahas tentang keprihatinan akan perilaku elit tertentu yang bertolak belakang dengan nilai-nilai luhur bangsa, mengakibatkan banyak pihak mengambil sikap skeptis terhadap kemajuan Indonesia di masa datang.
 
Sebagai praktisi pendidikan yang berpengalaman, termasuk di SMA Taruna Nusantara, Toto melihat peran penting pendidikan kader di sekolah sejak pendidikan dasar hingga tinggi untuk membangun karakter tangguh manusia Indonesia. Termasuk dalam menghadapi kondisi negeri yang sering terdampak bencana alam dan krisis kemanusiaan. Ia memaparkan usulan peta jalan (road map) pengembangan organisasi ARM HA-IPB di Indonesia sebagai bentuk sinergi dengan institusi yang ditekuninya saat ini.
 
Acara Ngobras ARM HA-IPB dibuka oleh Sekjen DPP HA-IPB, Ir. Sukma Kamajaya dengan pengantar oleh Ketua Umum ARM HA-IPB, Ir. Ahmad Husein, M.Si. Peserta berasal dari jajaran relawan dan pengurus serta beberapa perwakilan dari komunitas, termasuk Ikatan Alumni Ganesha SMAN 1 Purbalingga (IKAGA), yang diwakili Dr. Bronto Sutopo dan Fitri Purwitasari, serta alumni Menwa IPB.
 
 “Bagi ARM HA-IPB, pengurus dan relawan wajib memahami aspek wawasan kebangsaan ini, karena layanan kemanusiaan yang kita lakukan semua dalam konteks pengabdian alumni bukan saja terhadap himpunannya melainkan juga terhadap almamater IPB, masyarakat, bangsa dan negara,” ujar Husein.
 
Rencananya, Ngobras Seri 3 akan digelar kembali bulan Desember yang akan datang dengan topik mengenai teknik asesmen lapangan dalam giat kemanusiaan.
 
Informasi lebih lanjut hubungi:
 
Agus Rusli
Sekjen ARM HA-IPB
No. Telp. 0812 1084366

ARM HA-IPB
Bermartabat Menebar Manfaat

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *