ARM HA-IPB Ikuti Latgab CORE Water Rescue

Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM- HA IPB) mengirimkan dua personelnya mengikuti Latihan Gabungan (Latgab) CORE (Communication & Rescue) Water Rescue yang digelar ORARI (Organisasi Amatir Radio Indonesia ) lokal Kabupaten Bogor, di Situ Cikaret, Cibinong, Bogor selama dua hari, 29 – 30 Oktober 2022.

Staf Ahli Bupati bidang PPHK, Drs. Makmur, M.Si, membuka secara resmi latgab yang diikuti 100 peserta dari 42 organisasi sosial dan kemanusiaan.

Materi Latgab mencakup teori dan praktik, dimulai dengan pendirian tenda peleton yang dipandu Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD.

Setelah itu, Tony Dumalang dari Global Rescue menyampaikan materi prosedur keselamatan dalam penanganan kecelakaan di air. Selanjutnya ORARI Bogor memaparkan pentingnya navigasi dalam
operasi SAR & Kebencanaan,serta tata cara berkomunikasi dalam keadaan darurat. Sedangkan materi penanganan pada gigitan
ular berbisa dan reptil di alam bebas diberikan oleh Irully ilham dari Sahabat Reptil Indonesia.

Tak ketinggalan, peserta belajar tentang pertolongan pertama pada
kecelakaan di air. Sementara Basarnas DKI menyampaikan topik Manajemen Operasi SAR.

Bagi dua perwakilan ARM – HA IPB, Dedy Lesmana dan M. Shalahuddin Yusuf, latihan gabungan ini memberikan pengetahuan baru bagi mereka dalam operasi SAR, keterampilan, peralatan, dan alat perlengkapan diri (APD) yang dibutuhkan.

“Pelatihan ini sangat berguna untuk meningkatkan keterampilan bidang SAR serta mengasah respon tanggap darurat penyelamatan korban di air bagi relawan ARM HA-IPB,” kata Dedy Lesmana.

**

Info lebih lanjut hubungi:

Agus Rusli
Sekretaris Jenderal
ARM HA-IPB
No. Telp. +62 812-1084-366

ARM HA-IPB
Bermartabat Menebar Manfaat

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *