Tue. Jul 5th, 2022

ARM HA IPB

Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB

KABAR DARI NTT: BENIH TUMBUH, HARAPAN BERKEMBANG

2 min read

Bogor, 21-02-2022 — Akhir pekan lalu ARM HA-IPB mendapat kabar dari Mbak Yanne Moy, salah satu Sahabat ARM yang juga koordinator lapangan saat aksi kemanusiaan di Sumba Timur, NTT, Juli 2021 silam.

Saat itu, ARM HA-IPB bekerja sama dengan tim DPD HA-IPB NTT dipimpin langsung ketuanya, Dr. Drh. Petrus Malo Bulu, MVSc, menyalurkan bantuan hampir 1.400 paket (setara 46 kilogram) benih berbagai jenis tanaman sayuran kepada 12 kelompok tani di Sumba Timur, sebagai dukungan agar mereka dapat bercocok tanam kembali pasca banjir bandang (topan siklon tropis Seroja). Selain itu, diserahkan pula bantuan tandon air buat kelompok tani tersebut.

Nah, kabar berikut foto-foto yang ARM terima menjelang acara Rakernas III ARM HA-IPB ini bikin hati mendadak bahagia bukan main. Foto-foto itu mengabadikan perkembangan tanaman buah-sayuran dari Poktan Pak Mateus, di Desa Mondu, yang juga merupakan binaan PSE (Pengembangan Sosial Ekonomi) Gereja Katholik Weetebula, Sumba Timur.

“Benih tomat, cabai, dan pepaya sudah jadi (tumbuh),” kata pesan yang masuk ke grup WA tersebut. Tanaman cabai/lomboknya cukup subur. Cabainya bahkan sudah berbuah rimbun. Sedap dipandang mata. Ada juga memang benih yang gagal tumbuh atau berkembang kurang baik, contohnya melon. Ini tentu menjadi bagian yang perlu ditindaklanjuti dan evaluasi lebih jauh.

Kabar-kabar baik dari wilayah-wilayah terdampak bencana yang pernah ARM HA-IPB bantu semacam inil merupakan pembakar semangat bagi seluruh relawan dan pengurus. Ini seperti menjawab pertanyaan tentang MENGAPA para relawan dan pegiat ARM HA-IPB bersusah payah secara sukarela membantu warga di daerah-daerah bencana.

Jawabannya, untuk menyaksikan daya juang dan ketangguhan warga penyintas yang terus tumbuh dan tak dapat diremehkan. Dengan dukungan yang tulus, mereka menunjukkan tekad untuk dapat menggapai hidup mereka kembali secara bermartabat. Termasuk para petani sayuran di Sumba Timur, NTT.

Mudah-mudahan kabar-kabar baik lainnya terus datang dari seluruh pelosok negeri.

ARM HA-IPB
Bermartabat Menebar Manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.