Sat. Jan 22nd, 2022

ARM HA IPB

Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB

UPDATE DARI SEMERU: MENGHIBUR, MENGUKUR

2 min read

UPDATE DARI SEMERU: MENGHIBUR, MENGUKUR

Lebih 10 hari berlalu sejak erupsi Semeru terjadi, 4 Desember 2021 silam. Batuk gunung api itu belum lagi reda. Tanah pun belum pula mendingin. Hingga kini, 48 jiwa dinyatakan meninggal, ratusan lain luka-luka.

Sementara, hampir 10 ribu orang masih bertahan di pos-pos pengungsian baik di wilayah Kecamatan Candipuro maupun Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Mereka masih trauma dan takut kembali pulang ke rumah. Dan mungkin tak bisa lagi menempatinya. Sedih.

Bantuan Alhamdulillah terus mengalir.

“Makanan dan minuman sudah cukup melimpah,” kata Reswanda AT, koordinator lapangan Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) dari DPD HA-IPB Jaw Timur. Belum lagi pakaian-pakaian layak pakai yang menumpuk di mana-mana.

Gerakan Masyarakakat Pedesaan Lumajang (Gemapalu) sebagai mitra ARM HA-IPB di lapangan memberikan hasil pengamatan yang serupa. Tim mereka rajin mengunjungi lokasi pengungsian, mengingat Gemapalu memiliki kader dan binaan di wilayah tersebut.

Selain mendistribusikan bantuan, Ketua Gemapalu, Andi Median Yasnawi, Ketua Dewan Pengurus Credit Union Gema Swadaya, Misbach Isnaifah, dan Mas Fahmi, rajin menyambangi para penyintas, sekadar menghibur dan mencatat kebutuhan mereka.

“Melihat banyak pakaian menumpuk, Gemapalu berencana akan memanfaatkannya menjadi produk lain yang berguna seperti keset, boneka, celemek, serbet, taplak meja dan lain-lain,” kata Isna, panggilan akrab Misbach Isnaifah.

Secara terpisah mereka membuka donasi alat-alat dan kebutuhan menjahit untuk mengolah kain-kain bekas tersebut.

“Selain produknya bermanfaat, kegiatan ini juga sebagai pengisi waktu para penyintas di masa pengungsian,” kata Isna.

Sungguh ide yang brilian.

ARM HA-IPB tentu mencatat hal itu sebagai bagian dari assesmen tahap 2, agar jenis bantuan dan kegiatannya nanti terus relevan dengan kebutuhan penyintas. Insya Allah dengan tetap menggandeng DPD HA-IPB Jawa Timur dan Gemapalu.

Alhamdulillah, donasi dari para alumni terus mengalir. Jumlahnya?

Hingga Rabu (15/12) dana tersedia untuk operasi kemanusiaan tahap 2 jumlahnya sudah lebih 3 kali lipat dari total donasi tahap 1.

Tunggu apa lagi. Jika masih berminat membantu saudara-saudara kita di Lumajang, silakan berdonasi di Dompet Solidaritas Alumni IPB untuk Bencana Erupsi Semeru (SABIRU) melalui:
Bank Syariah Indonesia*
Nomor Rekening: 773 778 7798
a.n. Aksi Relawan Mandiri-HAIPB
Tambahkan kode 008 di belakang nominal donasi (misal: Rp 100.008)

Narahubung:
Agus Rusli Sekjen ARM HA-IPB
HP : 0812 1084 366
Panji Laksono
Sekretariat ARM HA-IPB
HP: 0821 2214 7026

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.