Tue. Jul 5th, 2022

ARM HA IPB

Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB

RELAWAN ARM HA-IPB BELAJAR MANAJEMEN BENCANA

2 min read

BOGOR, 31 Oktober 2021 – Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) menggelar Pelatihan Dasar-Dasar Manajemen Bencana pada hari Minggu, 31 Oktober 2021 di Kampus IPB University Darmaga, Bogor. Pelatihan ini yang diikuti oleh 22 calon relawan utama ini merupakan bagian dari program rekrutmen Relawan ARM HA-IPB Angkatan II tahun 2021.

Pelatihan berlangsung secara tatap muka (luring) dengan protokol kesehatan yang ketat. “Kegiatan ini merupakan bagian dari penerapan siklus manajemen relawan di ARM HA-IPB yang dimulai dengan rekrutmen relawan. Setelah pelatihan, kami berharap para relawan dapat menjadi sumber daya manusia ARM HA-IPB yang unggul yang siap diterjunkan dalam misi kemanusiaan di mana pun,” kata Ketua Umum ARM IPB, Ir. Ahmad Husein M.Si., dalam sambutannya.

Pelatihan terdiri atas enam sesi materi yaitu Pengantar Manajemen Bencana, Jenis-jenis Bencana dan Karakteristiknya, Siklus Manajemen Bencana mulai dari Fase Pra-Bencana, Saat Bencana (Tanggap Darurat), dan Pasca Bencana, serta Pengenalan Para Aktor di bidang kemanusiaan/kebencanaan, termasuk konsep Penta Heliks yang dikenalkan Badan Penanggulangan Bencana Nasisonal (BNPB).

Sesi-sesi pelatihan dipandu langsung oleh Ketua Umum ARM bersama Ketua Bidang Program, Ir. Andi Rohman Kurniadi dan Ketua Bidang SDM, Ir. Agoes Susilo J.P.

“Pelatihan ini memberi saya wawasan baru tentang pentingnya manajeman bencana,” kata Brian R. Irsyad, Alumni Fakultas Peternakan IPB angkatan 53. Sementara itu Asri Dwi Ambarwati menyatakan bersyukur mendapat kesempatan bergabung sebagai relawan. “Sebenarnya sudah sejak 2019 saya ingin menjadi relawan ARM HA IPB, tapi karena terkendala pandemi Covid-19 sehingga baru sekarang saya bisa bergabung,” kata Asri Dwi Ambarwati, alumni Jurusan Agribisnis IPB angkatan 50.

Materi pelatihan yang padat ternyata tak mengurangi antusiasme peserta. “Acaranya seru sekali, tak hanya materi melainkan juga praktik dan kegiatan kelompok. Selain fun dan tidak membosankan, kami memperoleh banyak wawasan dan pengetahuan tentang dunia kebencanaan,” kata Ahmad Athaullah Faiq, mahasiswa semester 7, Fakultas Teknologi Pertanian angkatan 57.

Pelatihan Dasar-Dasar Manajemen Bencana merupakan prasyarat bagi para mahasiswa dan alumni IPB yang berminat menjadi Relawan Utama ARM HA-IPB. Selain Relawan Utama, ARM HA-IPB juga baru merekrut para Sahabat ARM, yakni mereka yang telah berusia 18 tahun ke atas dan bersedia membantu kegiatan ARM HA-IPB bila dibutuhkan, baik secara fisik, sumbangan pemikiran, finansial, dan lain-lain, sesuai kemampuan dan kesepakatan bersama.

Dalam kiprahnya selama dua tahun ini, ARM HA-IPB telah terjun dalam 25 operasi tanggap darurat bencana, pemulihan, dan kegiatan penanganan Covid-19, dengan estimasi total penerima manfaat mencapai lebih dari 17.000 jiwa.

#

Info lebih lanjut silakan hubungi:

AKSI RELAWAN MANDIRI HIMPUNAN ALUMNI IPB (ARM HA-IPB)
Agus Rusli, Sekretaris Jenderal
Telp: +62 812 108 4366

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.