Tue. Jun 15th, 2021

ARM HA-IPB Salurkan Paket Bantuan ke Warga Terdampak Siklon di Adonara Timur, NTT

2 min read

Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) bekerja sama dengan tim relawan Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Alumni IPB Nusa Tenggara Timur (DPD HA-IPB NTT) menyalurkan bantuan untuk warga terdampak siklon tropik Seroja di Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, NTT, Sabtu (8/5).

Dipimpin oleh koordinator lapangan ARM HA-IPB di Larantuka, drh. Umi Siti Aisyah Saleh, M.Si., bantuan ini menyasar 70 KK (kurang lebih 280 jiwa) yang terdiri atas 57 KK yang terdampak berat bencana siklon tropis. Adapun selebihnya merupakan keluarga yang memiliki anggota lansia dan janda. Masing-masing keluarga memperoleh paket berupa sembako dan perlengkapan ibadah. Tim ARM HA-IPB juga membagikan 70 bingkisan untuk anak-anak. Selain itu, ARM HA-IPB menyerahkan paket bantuan untuk masjid setempat berupa 50 eksemplar Al Quran dan 20 set perlengkapan salat.

“Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur ini merupakan salah satu desa yang terdampak bencana siklon tropik Seroja beberapa waktu lalu,” jelas Sekretaris Jenderal ARM HA-IPB, Agus Rusli. Di desa ini terdapat 106 KK yang 57 KK di antaranya terdampak berat bencana. Data sementara yang diperoleh ARM menyebutkan, terdapat 14 orang meninggal dunia dari wilayah ini. Para penyintas tersebut kebanyakan ditampung di beberapa tempat pengungsian ataupun di rumah keluarga yang luput dari bencana, baik di Waiburak maupun di desa-desa tetangga sekitarnya.

Dalam kesempatan itu pula, ARM HA-IPB mendistribusikan bantuan titipan dari para alumni Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB Angkatan 34 berupa 50 boks masker kepada masyarakat di Waiburak. “Tim relawan, dengan segala keterbatasan yang ada, tetap berikhtiar mematuhi protokol kesehatan di masa pandemik Covid-19 ini dengan menyiapkan perlengkapan pribadi yang memadai, hingga mengatur sistem pembagian bantuan. Kami memakai sistem nomor antrean untuk menghindari kerumunan orang,” jelas Umi Siti Aisyah Saleh. Sejauh ini, proses penyaluran berjalan lancar dan aman.

Masyarakat Desa Waiburak menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kepedulian dari para alumni IPB. Terlebih lagi mereka memang amat membutuhkan bantuan dalam situasi puasa Ramadhan dan menyambut Idul Fitri yang sebentar lagi tiba.

Bagi ARM HA-IPB, aksi kemanusiaan khususnya di NTT sendiri belum selesai. “Kami tengah melakukan kaji cepat untuk wilayah Sumba Timur. Rencananya, pascalebaran ARM HA-IPB akan mencoba bergiat di fase pemulihan awal (early recovery) dengan membantu dinas pertanian dan kelompok-kelompok tani setempat dalam pengadaan benih sayuran,” ujar Sekjen ARM HA-IPB, Agus Rusli.

Aksi kemanusiaan ARM HA-IPB untuk masyarakat terdampak banjir, longsor, dan siklon tropis Seroja di NTT dan NTB mendapat dukungan dari berbagai elemen civitas akademika dan alumni IPB, di antaranya Alumni Fakultas Kehutanan (HA-E) IPB, Dewan Guru Besar IPB University, Forum Mahasiswa Pascasarjana (Wacana) IPB, dan Alumni IPB32 Juara.

*

Info lebih lanjut silakan hubungi:

AKSI RELAWAN MANDIRI HIMPUNAN ALUMNI IPB (ARM HA-IPB)
Agus Rusli, Sekretaris Jenderal
Telp: +62 812 108 4366

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.