Wed. Mar 3rd, 2021

ARM HA IPB

Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB

IN MEMORIAM KETUA ARM HA-IPB, NURBOWO: ARM KEHILANGAN SOSOK PEMIMPIN YANG BERDEDIKASI

2 min read

BOGOR, RABU 02 DESEMBER 2020 — Keluarga besar Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) berduka cita yang amat dalam atas berpulangnya Ketua Umum ARM, Bapak Nurbowo, pada Rabu dini hari, 2 Desember 2020, di Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Almarhum meninggal dunia saat melakukan perjalanan tugas kemanusiaan dan dakwah.

Nurbowo lahir di Wonosobo, Jawa Tengah pada tanggal 29 Februari 1968. Beliau menyelesaikan SMA-nya di Wonosobo sebelum masuk IPB tahun 1987 lewat Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) dan memilih belajar di Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan.

Sejak di kampus, almarhum sudah aktif dalam kegiatan kampus, khususnya di organisasi keislaman mahasiswa. Mumpuni dalam bidang jurnalistik serta sangat peduli dengan isu-isu dakwah dan kemanusiaan. Karirnya pun tak jauh dari bidang tersebut, mulai dari pemimpin redaksi Jurnal Halal LPPOM MUI, Dompet Dhuafa (DD), PT Khairul Bayan (penerbit majalah Alia dan Insani Islamic Digest), LAZ Dewan Dakwah, hingga terakhir membantu dalam kepengurusan Dewan Dakwah Islamiyah yang baru di bawah pimpinan Ustadz Dr. Adian Husaini.

Kiprahnya dalam kegiatan kemanusiaan amat mengagumkan. Almarhum terjun di hampir setiap operasi penanggulangan bencana di Indonesia. Pada tahun 2019, almarhum menjadi ketua umum yang pertama organisasi Aksi Relawan Mandiri (ARM), sebuah badan otonom kemanusiaan Himpunan Alumni IPB. Di sini, almarhum sempat bertugas dalam misi bantuan kemanusiaan, antara lain untuk korban kebakaran hutan di Riau, gempa Ambon, hingga Aceh.

Salah satu kekuatan almarhum adalah tulisan yang renyah, enak dibaca, tapi amat menyentuh pembaca. Belasan buku dengan topik jurnalistik, kemanusiaan, dan dakwah telah almarhum hasilkan. Ia juga seorang penyunting (editor) yang andal.

Di ARM, almarhum amat berdedikasi dalam tugasnya sebagai ketua umum. Ia selalu mengayomi serta mendahulukan kaderisasi dan peran kaum muda. Di bawah kepemimpinannya, ARM, yang baru menginjak usia satu tahun, sudah mampu melesat ke orbit nasional, diakui banyak lembaga kemanusiaan mitra.

Almarhum meninggalkan seorang istri dan 3 orang anak.

Keluarga besar ARM HA-IPB dengan ini menyampaikan duka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya Bapak Nurbowo. Semoga Allah SWT mengampuni dan memberikan tempat sebaik-baiknya bagi almarhum dan memberi kekuatan serta ketabahan bagi keluarga yang ditinggalkan.

*

Informasi lebih lanjut, sila hubungi:

Agus Rusli
Sekretaris Jenderal ARM HA-IPB
No kontak: +62 812 1084 366

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.