GALAKKAN KESIAPSIAGAAN DAN MITIGASI BENCANA, ARM HA-IPB KALSEL TANAM POHON DI KABUPATEN BANJAR

1 minute, 51 seconds Read

Banjar, Sabtu [9 Maret 2024]— Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) Cabang Kalimantan Selatan bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Daerah HA-IPB Kalsel dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalsel memprakarsai kegiatan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana melalui penanaman 200 bibit pohon produktif di daerah rawan bencana di Desa Handil Purai, Kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat kemarin (8/3).

Penanaman pohon dilakukan sebagai bagian dari implementasi rencana kerja tahunan ARM HA-IPB Cabang Kalsel 2024 di bidang kesiapsiagaan bencana. Badan Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kalsel menyediakan 200 bibit tanaman produktif antara lain tanaman Kecrutan atau Tulip Afrika (Spathodea campanulata), Rambutan (Nephelium lappaceum), Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus), dan Jengkol (Pitechellobium jiringa).

“Sebagai badan otonom bidang kemanusiaan yang dibentuk DPP HA-IPB tahun 2019 silam, ARM HA-IPB memandang pentingnya upaya kesiapsiagaan dan mitigasi bencana dalam melindungi lingkungan dan masyarakat,” ujar Sekretaris ARM HA-IPB Cabang Kalsel, Masikah Maylan Dewi, S.Pi., dalam sambutannya.

Apalagi, lanjutnya, Kabupaten Banjar merupakan daerah rentan yang pernah terdampak bencana banjir, abrasi, serta kebakaran hutan dan lahan (karhutla). “Melalui penanaman pohon ini, kami berharap dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi seluruh komunitas di sekitar Kabupaten Banjar, ” jelas Masikah.

Kegiatan tersebut diikuti 200 peserta dan relawan yang datang dari berbagai elemen antara lain warga, Tim PKK, dan Kader Desa Handil Purai, staf dan TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) Beruntung Baru, BPBD Kabupaten Banjar Provinsi Kalsel, Mahasiswa KKN Institut Agama Islam Darussalam, serta Komunitas Yuk Ngaji. Dari kalangan dunia usaha, relawan PT Mitra Nasional Kualitas Kalsel (Minaku) dan Koperasi Jasa Profesi (KJP) Cipta Prima Sejahtera juga terjun membantu.

Mitra pemerintah seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar Provinsi Kalsel bahkan menyokong kebutuhan logistik acara dan menggelar penyuluhan tentang kesiapsiagaan dan mitigasi banjir kepada warga.

“Selain sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan, kegiatan ini juga menjadi momentum edukasi yang berharga terkait kesiapsiagaan dan mitigasi bencana,” ujar Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Banjar, Waskita. Ia berharap, melalui partisipasi aktif dan kolaborasi yang solid, Kabupaten Banjar dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya pelestarian lingkungan dan penanggulangan bencana.

Kegiatan penanaman pohon ini dijadwalkan berlangsung dalam dua tahap. Penanaman pohon tahap kedua rencananya berlangsung Minggu, 10 Maret 2024 di Batu Licin, Kabupaten Tanah Bumbu.

#

Informasi lebih lanjut silakan hubungi:

Ir. Agus Rusli, MM
Sekretaris Jenderal ARM HA-IPB
Telepon: +62 812 108 4366

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *