REKTOR IPB UNIVERSITY AJAK ARM HA-IPB JAJAKI PEMBENTUKAN PROGRAM MAGISTER STUDI BENCANA

Bogor, Minggu 18 Februari 2024 — Rektor IPB, Prof. Dr. Ir. Arif Satria, M.S. mengapresiasi kehadiran dan kiprah Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) sejak berdirinya hingga kini mencapai usia lima tahun.

“ARM HA-IPB telah menjadi duta IPB dalam upaya penanggulangan bencana di Indonesia. Keikutsertaan ARM dalam menggalang potensi para alumni sangat luar biasa,” ujar Prof. Arif Satria dalam arahannya kepada peserta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V ARM HA-IPB 2024 di Gedung Alumni IPB, Baranangsiang, Kota Bogor (18/2).

Menurut Arif, selama ini IPB memiliki keterbatasan untuk merespon situasi tanggap darurat bencana alam di berbagai tempat dan mengandalkan Himpunan Alumni IPB melalui badan otonomnya ARM HA-IPB untuk tampil membantu.

Rektor IPB University bahkan menyampaikan agar ARM HA-IPB bersama IPB University ikut mendorong dan menjajaki pembentukan Program Magister Studi Bencana (Disaster Studies). Studi ini penting agar secara praktik dan keilmuan IPB menunjukkan komitmen dalam memberikan solusi, konsep, kajian teori, dan karya terbaik dalam penanggulangan bencana.

“ARM HA-IPB berperan penting dalam mendukung IPB sehingga naik tangga dalam upaya penanggulangan dan pemulihan bencana berikut riset dan keilmuannya,” ujar Arif.

Sebelumnya, dalam sesi Rapat Pleno 2 tentang Laporan Capaian Rencana Kerja Tahunan (RKT) tahun 2023, Ketua Umum ARM HA-IPB, Ir. Ahmad Husein, M.Si., memaparkan bahwa selama 2023 ARM HA-IPB telah melaksanakan 23 kegiatan dengan 7 di antaranya merupakan operasi tanggap darurat dan pemulihan bencana. Dana yang terkumpul untuk kegiatan kemanusiaan mencapai lebih dari Rp 549 juta yang menjangkau 4.771 penerima manfaat dan dikerjakan oleh 250 relawan.

“Dari sisi kemitraan, selama 2023 ARM HA-IPB berhasil menandatangani nota kesepahaman dalam giat kemanusiaan dengan 10 mitra strategis serta 7 kerja sama teknis,” ujar Husein. Bersama mitra-mitranya, ARM HA-IPB juga telah membangun 86 hunian sementara, 4 fasilitas air bersih, 2 kelas sekolah darurat, dan satu musola permanen di wilayah terdampak bencana alam.

Rakernas V ARM HA-IPB tahun ini berhasil menyepakati laporan pencapaian rencana kerja tahunan (RKT) tahun 2023 serta mengesahkan RKT 2024 untuk tujuh bidang masing-masing Organisasi & Kesekretariatan, Manajemen Relawan, Penggalangan Dana & Kerja Sama, Penanggulangan Bencana, Pemberdayaan Masyarakat, Komunikasi, dan Isu Lintas-Sektor.

# #

Untuk info lebih lanjut, sila hubungi:

Ir. Agus Rusli, M.M.
Sekretaris Jenderal ARM HA-IPB
Telp. 0812 1084 366

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *