Wed. Mar 3rd, 2021

ARM HA IPB

Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB

KAJI DULU BARU AKSI

2 min read

Mahsyar Taufiq, alumni FPIK angkatan 51, berdomisili di Polewali, Kab.Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Ketika gempa mengguncang Mamuju-Majene 14 dan 15 Januari silam, ia bergegas berangkat ke Mamuju karena orang tuanya menetap di sana. Selain itu ada amanah yang disampaikan beberapa pihak untuk menyalurkan bantuan. Syukur, orang tuanya dalam keadaan baik-baik saja.

Tak lama, ARM HA-IPB menjangkau keberadaannya. Bersama-sama Muh. Hayat Manggazali yang aktif di DPD HA-IPB Sulbar, Mahsyar diminta untuk menjadi perpanjangan tangan ARM di lokasi bencana. Kemarin, mereka berdua Alhamdulillah telah menyelesaikan tugas penyaluran secara resmi donasi para alumni IPB kepada warga korban bencana melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

Rabu pagi, Mahsyar mendapat kesempatan langka, ikut tim assessment PMI ke titik-titik yang terkena dampak gempa di Mamuju. Ia melihat langsung PMI cara mengumpulkan informasi dari para penyintas yang mendirikan tenda-tenda pengungsian di tempat lebih aman. “PMI konsentrasi pada pembangunan tenda dan titik posko,” lapornya kepada Tim SALIMBAR (Solidaritas Aksi Peduli Gempa Sumbar) ARM di Bogor. PMI memilih belum menggelontorkan bantuan makanan, sementara barang-barang bantuan seperti family kit, baby kit, terpal, tenda, obat-obatan dan vitamin tengah dalam perjalanan kapal menuju Makassar.

“Kamu beruntung mendapat kesempatan belajar langsung, praktik di lapangan dari lembaga yg kompeten seperti PMI,” kata Kang Agus Rusli, Sekjen ARM, menyemangati. Donasi dari alumni diharapkan dapat memperkuat layanan seperti distribusi air bersih untuk warga di pengungsian. Hasil assessment Mahsyar dan PMI akan membantu ARM dalam menentukan jenis intervensi bantuan pada kegiatan penyaluran bantuan tahap 2, insya Allah dua pekan mendatang. Inilah esensi assessment. Mengkaji lebih dahulu, tak buru-buru tetapi tetap sigap lugas, untuk kemudian diambil tindakan aksi. Tidak terjun langsung tanpa perhitungan matang.

Usai tugas assessment, Mahsyar sudah dalam kendaraan meluncur keluar dari Mamuju, kembali ke Polewali. Ia sempat mengirimkan gambar tentang kondisi longsor yang sempat menutupi jalan di kawasan Tapalang.

Mari doakan agar kawan-kawan alumni IPB, termasuk yang tergerak membantu ARM HA-IPB di lokasi bencana, Allah berikan kesehatan dan perlindungan keselamatan. Amin.

armhaipb #salimbar #gempasulbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.