ALUMNI IPB UNIVERSITY GELAR PENYULUHAN PEMANFAATAN PEKARANGAN SERTA PENGELOLAAN PAKAN DAN PUPUK TERNAK UNTUK POKTAN CILEUKSA, BOGOR

by kusnadi kusnadi

Bogor, Senin 26 Agustus 2024– Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB) berkolaborasi dengan Bidang Pemberdayaan Masyarakat DPP Himpunan Alumni IPB menggelar penyuluhan pertanian bagi kelompok tani Kampung Cipendawa, Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Minggu kemarin (25/8).

Penyuluhan tersebut terbagi atas dua sesi. Penyuluhan pertama adalah pengenalan pemanfaatan lahan pekarangan dan budidaya tumpang sari. Sedangkan penyuluhan kedua adalah pengelolaan pakan dan pupuk ternak. Kedua sesi difasilitasi oleh Ketua Bidang Penanggulangan Bencana ARM HA-IPB, Ir. Kusnadi, yang juga merupakan praktisi pertanian permanen atau permakultur, dan Ketua Bidang Pemberdayaan Masyarakat DPP HA-IPB, Ir. Ali Fatoni.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pemulihan Lahan dan Peningkatan Gizi Masyarakat Pasca Bencana yang diprakarsai ARM HA-IPB di Cileuksa.

“Penyuluhan pemanfaatan lahan pekarangan dan budidaya tumpang sari kami anggap penting agar nanti warga di lokasi pascabencana dapat bercocok tanam memanfaatkan lahan yang tersedia,” ujar Kusnadi, di sela-sela kegiatan. Penyuluhan dilakukan dengan paparan ringan dan mudah dicerna.

Sebanyak 16 anggota kelompok tani belajar menanam benih sayuran yang disediakan ARM. Mereka juga menerima bantuan bibit tanaman obat keluarga (TOGA) yakni bayam Brazil, daun mint, sambung nyawa, jahe, sereh wangi, kencur, daun bawang, serta benih tomat ceri, bayam merah-hijau, dan pakcoi.

“Saya baru mengerti konsep TOGA dan beberapa bumbu dapur ternyata bisa digunakan untuk obat,” kata Sumarni, salah satu anggota perempuan kelompok tani.

Sementara penyuluhan berikutnya menitikberatkan pada penyediaan dan pengelolaan pakan ternak serta pupuk pertanian dan ternak.

“Kami memperkenalkan jenis-jenis tanaman pakan protein tinggi seperti rumput gajah, rumput raja, kalanjana, dan rumput jampang sebagai contoh tanaman yang dapat diusahakan peternak untuk konsumsi ternak kambing mereka,” kata Ali Fatoni, yang berpengalaman dalam praktik pertanian organik.

Warga mengeluhkan pula kesulitan mencari rumput untuk pakan ternak. Tak jarang mereka mencari hingga 20 kilometer dari kampung. Kini mereka mulai mempertimbangkan untuk menanam rumput bagi pakan ternak kambing mereka.

ARM HA-IPB dan DPP HA-IPB akan mengawal dan melakukan pendampingan terhadap kelompok tani ini hingga enam bulan ke depan. Keduanya menggandeng Mitra Tani (MT) Farm yang telah berpengalaman dalam pemberdayaan masyarakat khususnya produksi ternak kambing. ####

Info lebih lanjut hubungi:

Ir. Agus Rusli, MM
Sekretaris Jenderal ARM HA-IPB
No. Telp. +62 812 1084 366

You may also like

Leave a Comment