TIM AJU ARM HA-IPB: MEMASTIKAN MISI BERJALAN MULUS

Rabu petang (31/7), Benny Willyanto, staf pengurus bidang Penggalangan Dana & Kerja Sama Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB), sibuk berkemas di ACC (ARM Command Center), Gedung Alumni IPB Baranangsiang, Kota Bogor.

by kusnadi kusnadi

ARM HA-IPB, Bogor– Alumnus Teknologi Industri Pertanian (TIN), Fateta IPB University Angkatan 34 ini akan bertolak dengan sepeda motornya ke Dusun Cipendawa, Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, untuk menyiapkan beberapa pekerjaan sebelum berlangsungnya acara Program Pemulihan Lahan dan Peningkatan Gizi Keluarga di Daerah Rawan Bencana, Ahad (4/8).

Sederet ‘list to do’ sudah ada di saku relawan Sahabat ARM jebolan Pelatihan Dasar-Dasar Volunteering & Pengenalan ARM Batch #2 2022 silam. Ia harus mengantar beberapa surat. Lalu berkoordinasi dengan kepala desa, ketua RW dan RT, serta ibu-ibu PKK perihal susunan acara dan kesiapan lahan untuk penanaman bibit pohon. Termasuk pula menerima kiriman 3 ton pupuk kontribusi dari MT Farm untuk penyuluhan dan pendampingan pertanian sekian bulan ke depan.

Selain Benny, ada Muhammad Shalahuddin Yusuf, alumnus FMIPA IPB University Angkatan 52 yang menyusul Jumat ini untuk mem-back up kerja ARM di Cileuksa. Yusuf adalah relawan utama angkatan pertama (2019) sekaligus pengurus ARM bidang Penanggulangan Bencana dan berpengalaman terjun di lebih 5 operasi TDB dan pemulihan. Sebagai lulusan Pelatihan Dasar-Dasar Manajemen Bencana Batch #1, tahun 2019, Yusuf yang kini tengah menyelesaikan S2 Ilmu Pangannya di IPB sudah terbiasa ‘babat alas’ untuk memuluskan berbagai operasi kemanusiaan ARM di berbagai tempat termasuk banjir Jabodetabek dan gempa Cianjur.

Mereka berdua tinggal di dusun, berbaur dengan masyarakat. Jika diperlukan tidur di tenda atau di luar akibat situasi tidak memungkinkan, itu juga tak masalah. Sleeping bag dan perlengkapan standar lainnya sudah tersedia.

Di ARM, yang dikerjakan Benny dan Yusuf dikenal sebagai bagian dari tanggung jawab Tim Aju (advance team). Ini adalah tim adhoc yang memastikan agar setiap operasi tanggap darurat bencana (TDB), pemulihan (recovery), hingga kegiatan program, berlangsung lancar karena semua keperluan dan rencana intervensi sudah disiapkan oleh tim ini.

Agar mampu bekerja dalam Tim Aju, setiap personel wajib memiliki satu atau kombinasi dari tiga kapasitas berikut yaitu: 1) berpengalaman dalam operasi TDB, pemulihan, dan program; 2) memahami dan menguasai orientasi medan lokasi yang dituju; 3) memiliki kecakapan dalam berinteraksi dengan masyarakat dan stakeholder di lapangan. Di program kali ini, Tim Aju ARM dipimpin langsung oleh Sekjen Ir. Agus Rusli, MM dengan co-leader Ir. Ali Fatoni.

Karena itu bila kelak para alumni menemukan kawan-kawan Tim Aju ARM HA-IPB di lapangan, mohon bantuan dan kerja sama Teteh/Akang sekalian. Terima kasih.

Salam Tangguh!

ARM HA-IPB
Bermartabat Menebar Manfaa

You may also like

Leave a Comment